Blog ini mengalami deindex google dan berhasil keluar dari sandbox

Bagaimana kira-kira jika blog/web sobat di deindex secara keseluruhan oleh google, tidak hanya post artikel saja tapi langsung dari domainya juga? Nah itu pengalaman saya kemarin dengan blog baru saya ini
bennyqibalart.blogspot.com.


Ceritanya pas habis post artikel tentang HUT KEMERDEKAAN RI Ke 70 versi 3D, sehabis post artikel seperti biasanya saya submit artikel ke webmaster agar cepat di index oleh mesin pencari. 

Nah selang sehari saya penasaran apa sudah masuk index atau belum, singkat cerita saya langsuung cek dengan mengetikan judul artikel di google.

Normalnya kalau judul artikel di cari di google akan muncul postingan kita, entah di halaman satu, dua, tiga atau sepuluh hehe.. 

Nah kok tidak muncul di halaman brapapun? Saya jadi penasaran jangan jangan ada masalah. Akhirnya saya ketik nama blog "bennyqibalart" di mesin pencari. Loh kok gak muncul juga?

Malahan video YouTube saya yang muncul, saya ketik lagi alamat blog bennyqibalart.blogspot.com loh kok gak muncul lagi? Wah mulai stres ini otak.

Akhirnya saya cari tutorial blog kenapa blog tidak terindex di google, pas baca beberapa artikel banyak sekali penyebabnya ada yang bilang blog di anggap spam oleh google, kena sandbox (punishment) dihukum google, dan di banned

Pihak google pun tidak memberi tahu adanya kesalahan pada blog kita dan alasanya melakukan deindex pada blog, dari situ saya coba cari tau apakah blog saya di deindex oleh google dengan tool online pixelgroove.com

Setelah di cek muncul keterangan "possibily penalyzed or sandboxed by google!" yang artinya blog saya kemumgkinan terkena penalty atau sandbox oleh google!

Wah wahhh.. Saya pun mengingat beberapa hari kebelakang apa saja yang sudah saya lalukan pada blog ini, kalau tidak salah saya melakukan blogwalking, mengisi deskripsi blog dan posting tutorial video di youtube dengan menertakan link ke blog ini. 

Mungkin diantara optomasi tersebut terlalu berlebihan menurut google atau mungkin karena blog blm ada sebulan dibuat. 

Setelah browsing dan membaca FAQ di blogger saya memberanikan diri mengajukan keluhan, seperti ini kira-kira isinya.
"dear google team, perkenalkan saya bennyqibal. Admin dari bennyqibalart.blogspot.com, saya mengajukan keluhan mengenai blog bennyqibalart.blogspot.com yang mengalami deindex pada google search. Saya kurang tahu kesalahan apa saja sehingga mengakibatkan blog deindex.
Pihak google tidak memberikan peringatan atau notifikasi mengenai kesalahan pada blog saya, kami memohon pihak google mereviw ulang blog saya. Terimakasih"

Sesederhana itu pengajuan saya sob.. Hehe
Pas hari ke dua setelah pengajuan keluhan status blog masih deindex dan pada hari ke tiga blog mulai indexing kembali, meskipun baru sedikit artikel yang di index saya bersyukur blog kembali pulih. Ini buktinya.

Bennyqibalart
Screenshoot status blog indexing

Bennyqibalart
Screenshoot blog benmyqibalart


Begitulah pengalaman saya tentang blog yang deindex oleh google sob. Gimana? Kamu juga pernah mengalami? Atau saat ini blog/website sobat di kurung kotak pasir google? 

Ditunggu share pengalamanmu lewat kolom komentar ya sob. Semoga informasi ini bermanfaat.


Previous
Next Post »
4 Komentar
avatar

Mas Benny mau tanya, untuk bahasa pengajuaannya pakai bahasa inggris atau indonesia mas, diblog saya juga sedang mengalami hal tersebut.

Balas
avatar

Waktu itu saya saya hanya menggunakan bahasa indonesia mas, sebelumnya juga saya perbaiki dulu seperti backlink dari youtube saya hapus, blog wallking juga saya hapusin semua..

Balas
avatar

tips nya perlu saya coba ,, karena blog saya de index semoga berhasil terimakasih kang.....

Balas
avatar

Kalo cuma postingan saja yang sering hilang dari SERP, setelah sebelumnya menempati halaman 1 atau 2 hasil pencarian google?
apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya mas?

Saya sudah coba mengedit postingan tersebut lalu submit kembali url melalui google webmaster tools. muncul kembali, tapi cuma bertahan 3 hari lalu hilang lagi.
saya buat posting baru dengan beberapa perubahan, lalu saya bikin pengalihan khusus untuk mengarahkan backlink postingan lama ke postingan baru, kejadiannya sama saja, menghilang dalam 2 hari setelah berada di halaman pertama.

jika ada solusi, mohon sharing yah..

Balas